bubur ayam cirebon 

Indonesia merupakan negara yang kaya akan masakan khasnya. Setiap daerah di Indoensia memiliki berbagai jenis dan ciri masakan dengan cita rasa tersendiri. Dari Sabang sampai Merauke, semua memiliki makanan/ masakan dengan rasa, aroma, dan cara memasak yang khas. Ada satu produk bumbu masak yang sering mengadakan acara tentang masakan masakan khas daerah di seluruh nusantara. Produk tersebut adalah “bango”. Bango merupakan sebuah merk kecap yang terkenal di Indonesia yang menjadi salah satu produk kebanggaan PT Unilever Indonesia. Di bawah bendera PT Unilever Indonesia, Kecap Bango semakin mengokohkan dirinya sebagai merek kecap nomor satu di Indonesia yang selalu hadir dalam setiap penyajian hidangan kuliner khas Nusantara, di berbagai kesempatan baik di acara-acara formal maupun masakan sehari-hari di rumah.


Bango sering mengadakan acara berkaitan dengan aneka masakan nusantara, seperti kegiatan berupa festival jajanan bango. Festival ini diadakan di seluruh nusantara di masing masing provinsi. Saat acara festival jajanan bango ini diadakan, maka akan ada berbagai macam masakan makanan di acara tersebut. Makanan makanan yang disajikan dalam acara tersebut biasanya dikenal dengan sebutan jajanan bango. Di sini akan sedikit dibeberkan mengenai resep makanan jajanan bango ini. Makanan yang dijadikan sebagai jajanan bango ini merupakan masakan yang menjadi sebuah warisan kuliner dari segala penjuru daerah. Biasanya warisan kuliner ini sudah turun temurun sejak zaman dahulu kala, berasal dari nenek moyang yang memberikan resep dan bumbu rahasia dalam menciptakan cita rasa masakan yang khas dan lezat.

Beberapa jajanan bango yang menjadi warisan kuliner nusantara dan menjadi andalan bagi masing masing daerah meliputi : Nasi Pecel Madiun, Bubur Ayam Cirebon, Bakso Bakwan Malang, Keude Mie Aceh, Bakso Semar, Bebek Bakar, Sate Ayam dan Kambing, dan masih banyak jenis masakan khas nunsantara lainnya yang menjadi kebanggaan masing masing daerah dalam festival jajanan bango. Berikut adalah resep membuat satu porsi bubur ayam cirebon

Bahan :
63 gram beras, cuci bersih
1/2 ltr air
Garam, merica bubuk secukupnya
Sup ayam :
250 ml air
1 potong ayam, cuci bersih
½ sdt minyak goreng
1,5 butir bawang merah,iris tipis
1 siung bawang putih, memarkan
Sedikit buah pala, memarkan
Sedikit merica bubuk
1/2 batang daun bawang, potong-potong
1/4 batang daun seledri, simpulkan
Pelengkap :
Ayam, suwir-suwir
Bawang goring
Kacang kedelai goreng
Daun bawang, iris halus
Kecap manis
Kerupuk
Sambal


Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.