Sayuran
Mengolah sayuran sambil tetap menjaga rasa, tekstur, warna, serta kandungan gizinya sebenarnya sangat sederhana bila Anda tahu caranya. Simak beberapa tips berikut untuk membantu Anda mengolah sayuran, mulai dari proses membersihkan, memotong, dan memasak sayur:

Membersihkan sayuran
Agar kandungan gizi dalam sayuran tidak terganggu oleh bahan pengawet dan pestisida yang umumnya terdapat dalam sayuran yang dijual di pasar dan supermarket, Anda harus membersihkan sayuran Anda dengan sempurna.
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Cuci di bawah air bersih yang mengalir untuk membersihkan kotoran yang menempel
  2. Sebaiknya jangan gunakan deterjen atau sabun untuk membersihkan sayuran, karena bahan kimia pada deterjen dan sabun bisa tetap tertinggal pada sayuran. Anda bisa membuat sendiri cairan pembersih sayuran dengan cara mencampur 100 ml air dengan 100 ml cuka putih. Semprotkan cairan pembersih tersebut untuk membersihkan sayuran.
  3. Teknik blansir juga bisa dilakukan untuk membersihkan sayuran. Celup sayuran yang telah dibersihkan selama 5 menit dalam air mendidih. Lalu segera bilas sayuran dalam air dingin untuk menghentikan proses pemasakan sayuran. Cara ini bisa dicoba terutama bila Anda hendak menyajikan lalapan, di mana sayuran disajikan secara mentah dan proses memasak yang membantu menghilangkan bahan kimia dan pestisida dalam sayuran tidak dilakukan
  4. Rendam sayuran dalam air garam selama beberapa menit untuk mengeluarkan ulat sekaligus menghilangkan sisa pestisida dan zat kimia pada sayuran.
  5. Cuci sayuran beberapa sebelum dimasak. Jangan cuci sayuran sebelum disimpan di kulkas, karena proses pencucian akan menghilangkan bahan pengawet alami yang terdapat pada sayuran, sehingga sayuran akan lebih cepat busuk
  6. Sayuran yang berkulit tebal biasanya dilapisi lilin agar tidak mudah busuk. Lilin ini bisa dihilangkan dengan mencuci sayuran dengan campuran air hangat, air garam, dan lemon. Selain itu, Anda dianjurkan untuk selalu mengupas kulit sayur yang berkulit tebal


Memotong sayuran
Cara Anda memotong sayuran juga berpengaruh terhadap terjaganya kandungan gizi sayuran. Karena itu, potong sayuran dengan ukuran sedang. Bila Anda memotong sayuran dengan ukuran terlalu kecil, kandungan gizi pada sayuran akan lebih mudah larut saat dimasak. Selain itu, potong sayuran sesudah dibersihkan. Vitamin dan mineral pada sayuran yang dicuci setelah dipotong akan lebih mudah larut pada proses pencucian.

Memasak sayuran
Cara Anda memasak sayuran berpengaruh penting pada terjaganya kandungan gizi, warna, rasa, dan tekstur sayuran. Agar masakan sayuran Anda tetap nikmat dan bergizi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Hindari merebus sayuran dalam waktu terlalu lama. Bila Anda memasak masakan yang memerlukan sayurannya direbus, rebus sayuran dengan api sedang sampai besar, lalu masukkan sayuran setelah air mendidih selama sekitar 2 menit
  2. Memanggang sayuran adalah salah satu cara pilihan untuk menjaga kualitas sayuran. Anda bisa memanggang sayuran dari akar-akaran seperti kentang dan bawang
  3. Mengukus sayuran biasanya akan menghilangkan tekstur sayuran, tapi kandungan gizi dalam sayuran akan tetap terjaga
  4. Cara terbaik untuk memasak sayuran adalah dengan menumisnya. Gunakan wajan yang benar-benar panas agar sayuran cepat matang, dan gunakan sedikit olive oil atau canola oil saat menumis. Waktu yang dibutuhkan untuk menumis tergantung dari jenis sayuran. Sayuran yang tidak terlalu keras biasanya matang atau berubah warna setelah ditumis selama 2-3 menit, sedangkan sayuran keras seperti wortel dan kentang perlu ditumis sampai sekitar 8 menit. 



One Comment

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat dan sehat memang sangat penting, akan tetapi mengolah memasak secara tepat juga sama pentingnya.

    regards,


    oxone

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.